RZGT.ga - Saat ini banyak situs reservasi online yang memberikan kemudahan dalam
memesan kamar hotel. Namun, tak dapat dipungkiri kalau masih ada masyarakat
yang ragu memesan kamar hotel melalui Online
Travel Agent (OTA)
dan lebih memilih memesan langsung ke hotel bersangkutan atau agen perjalanan
konvensional.
Hal ini bisa
jadi berkaitan erat dengan mitos-mitos seputar pesan hotel via Online
Travel Agent yang selama ini
umum diketahui. Apa saja itu? Simak ulasan lima mitos seputar booking hotel online di bawah ini:
1. Pesan Hotel via Online Tidak Aman
Tidak sedikit
masyarakat yang masih cemas saat pesan hotel via online akibat mempertimbangkan keamanannya.
Mulai dari takut tertipu, transfer ke rekening yang salah, hingga khawatir
informasi data dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Padahal,
beberapa Online Travel Agent sudah menerapkan sistem keamanan yang
tinggi. Salah satunya dengan memiliki tanda berupa gembok di address
bar atau kolom alamat situs
webnya. Tak itu saja, sebagian OTA juga sudah menggunakan jaringan privatberupa
HTTPS, atau protokol komunikasi internet yang melindungi kerahasiaan informasi
pengguna. HTTPS ini melindungi semua informasi Anda agar tidak bisa disadap dan
juga memastikan bahwa hanya pengguna situs itu yang mengakses koneksi tersebut.
Bicara soal
keamanan pembayaran, alangkah baiknya Anda mengikuti semua petunjuk pembayaran
yang dianjurkan oleh OTA tersebut. Informasi
ini umumnya ditampilkan pada situs resmi tiap OTA. Jika masih ragu, jangan sungkan untuk bertanya
ke customer service OTA tersebut.
2. Booking Hotel via Online Ribet dan Merepotkan
Mitos lain
yang beredar di masyarakat adalah booking hotel via Online
Travel Agent itu ribet dan
merepotkan. Mulai dari proses pemesanan yang sulit hingga metode pembayarannya
yang terbatas, membuat masyarakat lebih memilih untuk pesan langsung melalui
agen travel konvensional atau hotel yang bersangkutan.
Pada
kenyataannya, OTA justru membantu Anda mendapatkan kamar hotel yang diinginkan
dengan dengan cara yang mudah dan praktis. Anda cukup mencantumkan nama
lengkap, nomor handphone, dan alamat e-mail untuk mendapatkan voucher hotel.
Setelah melakukan pembayaran, dalam beberapa menit voucher hotel yang Anda
pesan terkirim ke kotak masuk e-mail Anda.
Plus, OTA juga
menyediakan pilihan metode pembayaran terlengkap yang memudahkan Anda saat
memesan voucher hotel. Traveloka, sebagai OTA terbesar di Indonesia,
menyediakan beragam proses pembayaran, seperti melalui kartu kredit, ATM,
transfer via mobile, hingga bayar di Indomaret. Jadi, Anda bisa tentukan
sendiri metode pembayaran mana yang benar-benar sesuai dengan Anda.
3. Diskon Hotel via Online Itu Bohong
Banyak Online Travel Agent yang sering menawarkan promo diskon
hotel. Namun pertanyaannya, apakah harga sewa kamar yang ditawarkan oleh OTA
itu benar-benar bisa semurah itu? Ya, tentu saja! OTA gencar bekerja sama
dengan pihak-pihak tertentu, seperti bank, asuransi, hingga grup hotel untuk
memberikan harga termurah bagi konsumen, terutama pada momen-momen spesial.
4. Informasi Hotel di Online Travel Agent tidak akurat
Saat memesan
hotel, muncul sederet ketakutan dalam benak Anda. Misalnya: kondisi asli hotel,
kebersihan hotel, hingga akses hotel yang sulit. Tak jarang, hal ini juga
membuat Anda takut saat memesan hotel via OTA.
Nyatanya, Anda
bisa melihat informasi lengkap seputar hotel, baik itu foto, lokasi, hingga
fasilitas hotel secara lengkap. Berbeda dengan informasi hotel yang Anda dapat
dari agen travel konvensional atau pihak hotel, yang tak jarang, terbatas.
Lewat OTA, Anda juga bisa membandingkan secara langsung informasi hotel yang
satu dengan hotel lainnya
Bahkan, jika
memesan via Traveloka, Anda bisa mengetahui rating dan review dari tamu
sebelumnya yang pernah menginap di hotel tersebut. Opini dari tamu lain tentu
bisa membantu Anda untuk menentukan apakah hotel tersebut layak dipilih atau
tidak.
5. Kesulitan Mengubah Jadwal, Refund, dan Lain-lain.
Apakah Anda
khawatir kamar hotel yang sudah Anda pesan melalui Online
Travel Agent tidak dapat diubah atau dibatalkan? Jika demikian, ada
baiknya Anda pesan hotelnya via Traveloka saja. Sebab, Traveloka menyediakan
layanan customer
service 24 jam sehari
untuk membantu Anda mengubah jadwal pemesanan hingga tipe kamar. Apalagi,
Traveloka menyediakan layanan refund secara online, namun tetap bergantung
dengan kebijakan masing-masing hotel.
Anda bisa
menghubungi Traveloka baik melalui telepon, e-mail, atau chat langsung dengan customer
service yang bertugas. Jadi,
semua pertanyaan Anda seputar pemesanan hotel Traveloka, akan terjawab. Anda
pun tak lagi khawatir nantinya Anda akan mengalami kerugian.
Itulah
beberapa mitos keliru seputar pesan hotel lewat Online
Travel Agent. Kehadiran OTA justru mampu mempermudah hidup Anda saat
bepergian, ketimbang harus mengunjungi beberapa gerai agen travel atau
menghubungi langsung pihak hotel. Tak cuma menghemat waktu dan tenaga, OTA juga
mampu menghemat budget Anda.
Blogger Comment
Facebook Comment